Cara Memakai Fungsi Count, Counta Dan Countblank Di Excel

Beberapa fungsi atau rumus Excel yang sering dipakai oleh pengguna Excel yaitu fungsi COUNT, COUNTA dan COUNTBLANK, Seperti misalnya fungsi COUNTA yang sanggup dipakai untuk menciptakan rumus dinamis di Excel dan sebagainya.

Meski kelihatannya nama fungsinya hampir sama namun bekerjsama ada banyak perbedaan dalam penggunaannya.


Berikut klarifikasi selengkapnya mengenai cara memakai rumus atau fungsi COUNT, COUNTA dan COUNTBLANK di Excel.

Cara Menggunakan Fungsi COUNT di Excel


Fungsi COUNT dipakai untuk mencari jumlah data numerik (angka) dalam daftar argumen atau sebuah range. Data berupa tanggal (date and time) juga dihitung sebagai data numerik alasannya yaitu yang diambil yaitu valuenya.

Penulisan Syntax rumus COUNT di Excel adalah:

=COUNT(Value1; [Value2]; ...)

Penjelasan:
Value1 : Merupakan nilai yang diharapkan pada item pertama, rujukan sel atau range yang ingin di hitung nilainya.
Value2 : Merupakan nilai opsional yang sanggup di tambahkan sampai 255 item, rujukan sel atau range yang ingin di hitung nilainya.

Contoh penggunaan fungsi COUNT di Excel:

 Beberapa fungsi atau rumus Excel yang sering dipakai oleh pengguna Excel yaitu fungsi  Cara Menggunakan Fungsi COUNT, COUNTA dan COUNTBLANK di Excel

Pada gambar di atas, dengan memakai rumus =COUNT(B3:B10) risikonya yaitu 5 alasannya yaitu hanya ada 5 sel yang berisi data numerik (sel B3, B4, B7, B8 dan B9).

Cara Menggunakan Fungsi COUNTA di Excel


Fungsi rumus COUNTA dipakai untuk mencari jumlah seluruh data numerik, teks, dan lain-lain dalam dan daftar argumen atau sebuah range.

Penulisan Syntax rumus COUNTA di Excel adalah:

=COUNTA(Value1; [Value2]; ...)

Penjelasan:
Value1 : Merupakan nilai yang diharapkan pada item pertama, rujukan sel atau range yang ingin di hitung nilainya.
Value2 : Merupakan nilai opsional yang sanggup di tambahkan sampai 255 item, rujukan sel atau range yang ingin di hitung nilainya.

Contoh penggunaan fungsi COUNTA di Excel:

 Beberapa fungsi atau rumus Excel yang sering dipakai oleh pengguna Excel yaitu fungsi  Cara Menggunakan Fungsi COUNT, COUNTA dan COUNTBLANK di Excel

Pada gambar di atas, dengan memakai rumus =COUNTA(B3:B10) hasilnya adalah 6 karena hanya ada 6 sel yang berisi data (sel B3B4B5B7B8 dan B9).

Cara Menggunakan Fungsi COUNTBLANK di Excel


Fungsi COUNTBLANK dipakai untuk memilih banyaknya sel kosong yang terdapat dalam range yang telah ditentukan.

Penulisan Syntax rumus COUNTBLANK di Excel adalah:

=COUNTBLANK(range)
Penjelasan:
range : merupakan range data yang akan dihitung jumlah sel kosongnya.

Contoh penggunaan fungsi COUNTBLANK di Excel:

 Beberapa fungsi atau rumus Excel yang sering dipakai oleh pengguna Excel yaitu fungsi  Cara Menggunakan Fungsi COUNT, COUNTA dan COUNTBLANK di Excel

Pada gambar di atas, dengan memakai rumus =COUNTBLANK(B3:B10) hasilnya adalah 2 karena hanya ada 2 sel yang kosong (sel B6 dan B10).

Sekian Tutorial Cara Menggunakan Fungsi COUNT, COUNTA dan COUNTBLANK di Excel, Selamat Mencoba dan Semiga Bermanfaat...

Sumber https://www.rumusexcel.com/

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Memakai Fungsi Count, Counta Dan Countblank Di Excel"

Post a Comment