Menghitung Atau Mencari Nilai Rata-Rata

Menghitung atau mencari nilai rata-rata merupakan perhitungan matematika yang sering di pakai, untuk menghitung atau mencari nilai rata-rata dengan memakai Excel dapat memakai beberapa cara, bahkan Excel menyediakan fungsi khusus untuk dipakai mencari nilai rata-rata yaitu AVERAGE, AVERAGEA, AVERAGEIF dan AVERAGEIFS.

Contoh hasil menghitung nilai rata-rata, yang akan kita pelajari cara menuliskan rumus excelnya satu-persatu.

rata merupakan perhitungan matematika yang sering di pakai  Menghitung atau Mencari Nilai Rata-Rata

Menghitung Nilai Rata-Rata dengan Rumus Dasar


Untuk menghitung atau mencari nilai rata-rata, rumus dasar yang dipakai adalah:

Jumlah Nilai / Banyaknya Data

Untuk menjumlah nilai kita dapat memakai fungsi SUM lalu gres membaginya dengan banyaknya data, misalnya menyerupai gambar di bawah ini:

rata merupakan perhitungan matematika yang sering di pakai  Menghitung atau Mencari Nilai Rata-Rata

Pada sel 17, dimasukkan rumus excel =SUM(C6:C15)/10 balasannya ialah 65.
Meski ada nilai yang bukan angka ( X ) tidak ikut dijumlahkan, namun tetap dihitung sebagai data sehingga banyaknya data ialah 10 atau berarti rumusnya ialah 650/10 = 65.

Menghitung Nilai Rata-Rata dengan Rumus AVERAGEA


Fungsi rumus excel AVERAGEA dipakai untuk menghitung nilai rata-rata dari argumen yang telah ditetapkan, termasuk angka, teks dan bahkan nilai logika.

Penulisan fungsinya adalah:

=AVERAGEA ( number1, number2, ...)
Penjelasan:
Number1 ialah angka pertama, rujukan sel, atau range yang ingin di cari rata-ratanya.

Number2, ... merupakan pilihan angka tambahan, rujukan sel, atau range yang ingin di cari rata-ratanya dan maksimum hingga 255.

Contoh penggunaan rumus excel AVERAGEA:

rata merupakan perhitungan matematika yang sering di pakai  Menghitung atau Mencari Nilai Rata-Rata
Pada sel 18 dimasukkan rumus excel =AVERAGEA(C6:C15) balasannya ialah 65. Ini sebab sama menyerupai saat mencari nilai dengan rumus dasar, baris X tetap di hitung datanya sehingga jumlah banyaknya data tetap 10.

Menghitung Nilai Rata-Rata dengan Rumus AVERAGE


Fungsi rumus excel AVERAGE dipakai untuk menghitung nilai rata-rata dari argumen yang telah ditentukan, hanya menghitung angka dan akan mengabaikan teks dan nilai logika.

Penulisan fungsinya adalah:

=AVERAGE ( number1, number2, ...)

Penjelasan:
Number1 ialah angka pertama, rujukan sel, atau range yang ingin di cari rata-ratanya.

Number2, ... merupakan pilihan angka tambahan, rujukan sel, atau range yang ingin di cari rata-ratanya dan maksimum hingga 255.

Contoh penggunaan rumus excel AVERAGE:

rata merupakan perhitungan matematika yang sering di pakai  Menghitung atau Mencari Nilai Rata-Rata
Pada sel 19 dimasukkan rumus excel =AVERAGE(C6:C15) balasannya ialah 72. Berbeda dengan hasil yang memakai rumus AVERAGEA, ini sebab rumus AVERAGE hanya menghitung angka saja, pada data diatas yang berisi angka hanya ada 9 baris sebab itu banyaknya data yang dihitung ialah 9 bukan 10.

Menghitung Nilai Rata-Rata dengan Rumus AVERAGEIF


Fungsi rumus excel AVERAGEIF dipakai untuk menghitung nilai rata-rata dari semua sel dalam range atau rentang dengan memakai kriteria tertentu.

Penulisan fungsinya adalah:

=AVERAGEIF( range, criteria, [average_range], ...)

Penjelasan:
Range ialah sel-sel atau rentang yang ingin di hitung rata-ratanya, termasuk angka atau nama, array atau rujukan yang berisi angka.

Criteria ialah kriteria yang dipakai untuk mencari rata-rata, boleh berbentuk angka, rujukan sel, ekspresi ataupun teks.

Average_Range ialah rentang atau sel-sel yang akan dihitung rata-ratanya, bila dikosongkan maka rentang yang dihitung rata-ratanya ialah sel Range.

Contoh penggunaan rumus excel AVERAGEIF:

rata merupakan perhitungan matematika yang sering di pakai  Menghitung atau Mencari Nilai Rata-Rata

Rumus excel yang dipakai adalah =AVERAGEIF($E$6:$E$15;">165";C6:C15) atau menghitung sel menurut kolom jumlah yang datanya lebih dari 165. atau bila di tulis dengan fungsi AVERAGE:

=AVERAGE(C8)
Karena yang jumlahnya di atas 165 hanya 1 baris saja.

Menghitung Nilai Rata-Rata dengan Rumus AVERAGEIFS


Fungsi rumus excel AVERAGEIFS dipakai untuk menghitung nilai rata-rata dari semua sel dalam range atau rentang dengan memakai beberapa kriteria tertentu.

Penulisan fungsinya adalah:

=AVERAGEIFS( average_range, criteria_range1, criteria1, [criteria_range2, criteria2], ...)
Penjelasan:
Average_Range ialah rentang atau sel-sel yang akan dihitung rata-ratanya.

Criteria_Range1 adalah sel-sel atau rentang1 yang ingin di hitung rata-ratanya, termasuk angka atau nama, array atau rujukan yang berisi angka.

Criteria1 adalah kriteria pertama yang gunakan untuk mencari rata-rata, boleh berbentuk angka, rujukan sel, ekspresi ataupaun teks.

Contoh penggunaan rumus excel AVERAGEIFS:

rata merupakan perhitungan matematika yang sering di pakai  Menghitung atau Mencari Nilai Rata-Rata

Contoh diatas ialah mencari nilai rata-rata menurut jumlah nilai antara 155 hingga 175 atau bila di tulis dengan fungsi AVERAGE adalah:

=AVERAGE(C8;C9;C11)
Hasilnya ialah 77

Lampiran


Menghitung Nilai Rata-Rata.xlsx (11 KB)

Sekian tutorial mengenai menghitung rata-rata dengan Excel, Semoga Bermanfaat... Sumber https://www.rumusexcel.com/

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Menghitung Atau Mencari Nilai Rata-Rata"

Post a Comment